Cara Memperbaiki Kegagalan Memutar Video YouTube

YouTube adalah platform yang menyenangkan untuk digunakan, tetapi ada beberapa masalah dengan penggunaannya yang dapat menyebabkan video tidak dapat diputar. Jika Anda mengalami masalah ini, Anda harus tahu cara menyelesaikannya.

Anda harus mengetahui beberapa metode jika Anda ingin masalah Anda segera terselesaikan. Jika Anda memahami semua metode, proses penyelesaiannya akan sangat mudah. Untuk informasi lebih lanjut, lihat beberapa metode berikut:

  1. Memilih Mode Pesawat

Untuk memulai, Anda dapat menggunakan mode pesawat. Terkadang, jaringan yang tidak stabil menyebabkan video di YouTube tidak dapat diputar. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memulihkan jaringan terlebih dahulu.

Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menyalakan mode pesawat ponsel. Setelah dinyalakan, matikan mode pesawatnya lagi. Kemudian sistem akan mencari jaringan yang stabil yang berada di dekatnya.

Setelah proses ini selesai, jaringan dapat menjadi lebih stabil. Jika masalah jaringan utama telah diselesaikan, video dapat diputar seperti biasa tanpa masalah lagi. Namun, jika tetap tidak bisa, coba metode kedua.

  1. Matikan ponsel.

Restart ponsel juga dapat memperbaiki kegagalan YouTube untuk memutar video sederhana lainnya. Sepertinya langkah ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Tetapi kemungkinan besar video dapat diputar lagi jika digunakan.

Tujuan dari metode ini hampir sama dengan metode pertama: memastikan koneksi internet tetap stabil. Selain itu, proses pengaktifan ponsel ini dapat menghentikan penggunaan YouTube dan aplikasi lainnya untuk waktu yang singkat.

Setelah istirahat, YouTube dapat memutar video dengan lancar seperti biasa saat pertama kali digunakan. Metode ini tidak akan membingungkan orang awam dan mudah digunakan.

  1. Memperbaiki Aplikasi YouTube

Memperbarui aplikasi YouTube adalah tindakan lain yang sangat bermanfaat. Terkadang, penggunaannya secara keseluruhan dapat terpengaruh oleh aplikasi YouTube yang belum diupdate.

Oleh karena itu, untuk menyesuaikan aplikasi dengan layanan terbaru, pastikan untuk mengupdatenya secara berkala. Jika Anda melakukannya, proses pemutaran video akan berjalan lancar.

Untuk melakukan update ini, hanya perlu masuk ke Play Store dan pilih aplikasi YouTube. Kemudian, pencet “Update” untuk memulai proses dan tunggu sampai selesai.

  1. Memulihkan Data YouTube

Salah satu cara mudah untuk memperbaiki kegagalan YouTube untuk memutar video lain adalah menghapus data yang ada di platform. Pasti ada banyak hal yang harus dilakukan untuk mencapainya. Untuk mengetahuinya, ikuti prosedur berikut:

Dimulai dengan mencari menu pengaturan perangkat Anda.

Cari bagian yang bertuliskan “Aplikasi Terpasang”.

Cari aplikasi YouTube di daftar dan bukanya.

Pilih “Hapus Data” di bagian bawah daftar opsi untuk menghapus data YouTube.

Metode ini dimaksudkan untuk menghilangkan data YouTube yang berbahaya, tetapi akun dan informasi penting lainnya tetap ada dan tidak akan hilang. Oleh karena itu, aman dan efektif untuk digunakan.

  1. Tutup semua aplikasi yang sedang berjalan.

Selain itu, sistem yang terlalu sibuk dapat menyebabkan aplikasi tertentu terus terbuka di latar belakang dan menyulitkan pemutaran video YouTube.

Oleh karena itu, untuk memastikan sistem perangkat tidak terlalu sibuk, tutup aplikasi yang tidak digunakan. Setelah itu, Anda dapat dengan mudah memutar kembali video di YouTube.

Pengguna yang menghadapi masalah seperti ini akan langsung menggunakan proses ini, yang jelas mudah dan tidak akan membingungkan mereka. Mereka akan menggunakan pemutaran video untuk menyelesaikan masalah mereka.

  1. Membersihkan Cache Google Play

Setiap aplikasi memiliki cache, yang biasanya membantu penggunaan aplikasi. Namun, kemunculan dapat membebani aplikasi dan mengganggu penggunaan jika cache terlalu banyak.

Untuk menghapus cache ini, ada sejumlah tindakan sistematis yang dapat diambil. Apakah Anda tahu bagaimana menghilangkannya? Lihat uraian terperinci berikut:

Untuk memulai, pergi ke bagian “Pengaturan” perangkat.

Lihat menu dan cari “Aplikasi Terinstall”.

Setelah melihat daftar aplikasi, pilih “Layanan Google Play”.

Di bagian bawah halaman baru akan muncul beberapa opsi; untuk melanjutkan, klik “Hapus Cache”. Cache akan dihapus dan video dapat diputar.

Daftar cara memperbaiki YouTube yang tidak bisa memutar video mungkin merupakan solusi terbaik untuk masalah Anda karena ada banyak pilihan yang ditawarkan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *